Sabtu, 18 Februari 2017

Empat Spot Sunset dengan Silhouet Candi di Jogjakarta

sunset candi prambanan
Sunset di Candi Prambanan
Jogjakarta kaya akan situs-situs peninggalan masa lampau. Beberapa diantaranya adalah candi-candi kuno peninggalan Dinasti Hindu dan Buddha abad ke 8 sampai 10 Masehi. Beberapa lokasi situs bersejarah itu terletak sangat sempurna untuk menikmati Tenggelamnya sang Surya, yaitu di perbukitan dan tanah lapang. Tentunya detik-detik matahari terbenam akan membuat suasana menjadi sangat dramatis. Menyongsong matahari terbenam dengan pelan sambil menikmati kemegahan bangunan nenek moyang. Bagi para penikmat fotografi candi-candi ini akan memberikan hasil foto yang dramatis saat sunset. Sekarang pakai kamera HP juga sudah cukup bagus untuk menangkap momen special Matahari Terbenam di Candi-Candi ini. Lokasi dari kota Jogja juga lumayan dekat dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit. Berikut adalah candi-candi kuno yang bagus dikunjungi saat matahari terbenam.

1. Candi Prambanan
Matahari Terbenam di Candi Prambanan
Matahari Terbenam di Candi Prambanan
Sangat jarang sekali travel agen yang merekomendasi Candi Prambanan untuk menikmati matahari terbenam. Bangunan candi yang sangat megah akan menjadi silhouet yang sangat cantik pada foto wisata anda. Tiket masuk berlaku sampai pukul 06.00 sore, sampai petugas meminta pengunjung untuk meninggalkan candi. Kalau di Candi Borobudur, untuk menikmati Sunset pengunjung harus merogoh kocek dalam sekitar Rp. 325.000,- wow..lumayan mahal, jadi Candi Prambanan menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati sunset.

2. Candi Ratu Boko
sunset candi boko
Sunset di Candi Boko
Candi Ratu Boko terletak tepat di bukit selatan Candi Prambanan. Lokasi Candi berada di atas bukit dengan ketinggian sekitar 196 meter diatas permukaan laut. Dari sini saat sunset akan terlihat kota Jogjakarta dengan lampu-lampunya, Bandara Adisucipto, dan juga Prambanan. Lebih spesial lagi ketika cuaca sangat jernih, Gunung Merapi akan terlihat menjulang tinggi di sisi utara kota Jogjakarta. Tempat ini telah menjadi spot Sunset populer sejak beberapa tahun yang lalu.  

3. Candi Barong
sunset candi barong
Sunset di Candi Barong
Candi Barong belum banyak diketahui lokasinya, namun mulai setahun yang lalu lokasi ini juga menjadi tempat favorit untuk menikmati sunset. Letaknya di bukit sebelah tenggara Candi Boko. Dari Candi Barong terlihat bukit Candi Boko di sebelah Barat Laut. Letak candi juga berada tepat diatas bukit dengan pemandangan luas terbuka arah barat. 

4. Candi Ijo
sunset candi ijo
Sunset di Candi Ijo
Tempat ini sekarang menjadi salah satu tujuan wisata alternatif. Lokasi Candi Ijo yang sangat tinggi diatas bukit dengan ketinggian hampir 400 meter diatas permukaan laut. Kendaraan harus dalam kondisi prima untuk mencapai lokasi candi ini. Pemandangan sangat luas, arah selatan akan terlihat pegunungan menoreh dan garis pantai selatan Jogjakarta, diarah barat Kota Jogja Bandara Adisucipto, arah Utara Gunung Merapi yang berdiri gagah. Komplek Candi Ijo juga sangat luas, terdiri dari trap-trap candi perwara dari bawah sampai Candi Utama di puncak. Tentunya Matahari terbenam akan terlihat istimewa dari lokasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar